Resistor tersebut tersusun dari bahan zat arang didalamnya dan terdapat kode-kode warna untuk menandai bilangan hambatan dari resistor ini. Resistor yang merupakan turunan awal ini untuk penggunaanya saat ini sudah luar biasa jarang. Dalam PCB nun sudah terpasang komponen elektronika tentunya sangat sering didapatkan komponen Resistor yang jumlahnya bisanya cukup banyak. Resistor merupakan komponen elektronika nun tidak memiliki kutub oleh karena itu dapat dipasang bolak pulih yang tidak akan membangkitkan masalah pada peralatan elektronika. Harga resistor di wajah elektronik sangatlah murah serta untuk mengganti resistor nun rusak di PCB saja sangat mudah.
Membaca Resistor - Membahas lebih merasuk mengenai Resistor, kali ini saya akan memaparkan cara dan teori dalam membaca nilai pada suatu Resistor. Pada resistor dengan 5 gelang warna 3 Angka pertama menunjukkan angka satuan dengan dimiliki oleh resistor, nilai ke-4 digunakan untuk mengisyaratkan bilangan pangkat dan nilai kelima digunakan untuk memikirkan nilai toleransi. Untuk melaksanakan penghitungan nilai hambatan daripada sebuah resistor anda bisa dengan mudah melakukannya dengan menggunakan multimeter digital.
Akan tetapi resistor tak satu-satunya komponen elektronik dengan dapat digunakan untuk menciptakan hambatan listrik. Sesungguhnya dalam dalam komponen-komponen elektronika tersedia beberapa komponen yang pula bisa menghasilkan nilai ganjalan. Apakah tetapi komponen listrik tersebut biasanya menghasilkan sistem hambatan yang sangat mungil. Tabel kode warna resistor wajib diketahui baik menidurkan teknisi, pelajar SMK, maupun ahli listrik dan komputer saku dan semua aktivitas dengan berkaitan dengan perangkat dengan menggunakan resistor sebagai cela satu komponennya. sebetulnya pemakain kode warna ini adalah untuk mempermudah dalam pengejaan nilai resistansi sebuah resistor.
Dari kanan-atas ke bawah-kiri adalah tiruan resistor daya yang positif dari 25W, 5W & 3W, dengan nilai ketahanan 2ÃŽ©, 3ÃŽ©, 0. 1ÃŽ© dan 22kÃŽ©. Resistor kecakapan dengan nilai kecil lazimnya digunakan untuk memaksimalkan aliran yang mengalir. Selain tersebut masih ada lagi tips lain yang bisa dimanfaatkan untuk menghitung nilai resistor, karena seperti yang kalian ketahui, bahwa Resistor mempunyai beberapa jenis dan wujud fisik, misalnya.
Resistor dalam suatu runtunan elektronika dapat berfungsi berbeda-beda misalnya sebagai penghambat gelombang listrik / memperkecil gelombang listrik atau sebagai pengali tegangan dan fungsi nun lain. Resistor biasanya terdiri dari bahan yaitu karang, karbon, keramik dan unik -lain. Dalam bentuk unsur listrik, nilai hambatan dengan ada dalam resistor lazimnya ditulis pakai pita â€" pita berwarna, sejak 4 warna, 5 warna & 6 warna. Gelang ketiga mengindikasi perkalian banyaknya ‘nol’ yang ditambahkan. Seperti dengan sudah dijelaskan sebelumnya, sistem Resistor yang memiliki wujud Axial diwakili denganwarna-warna dengan terdapat di tubuh Resistor tersebut dalam bentukgelang.
Di umumnya memiliki 4 gelang dalam tubuh resistor, akan tetapi ada juga yang 5 gelang. Gelang berwarna Megah dan Perak terletak pas jauh dari warna gelang lainya sebagai tanda gelang yang terakhir. Gelang dengan terakhir ini merupakan sistem toleransi pada nilai resistor yang telah bersangkutan. Kemudian untuk toleransi kita pas menghafal warna emas (5%) dan warna cokelat (1%) saja.
Resistro tersebut memiliki satuan atau perhitungan resistansi suatu resistor pada sebut Ohm dan dilambangkan dengan simbol Omega (ÃŽ©). Sesuai hukum Ohm jika resistansi berbanding terbalik beserta jumlah arus yang mengembang melaluinya. Selain nilai resistansinya resistor juga memiliki perhitungan lainnya seperti nilai pengertian dan kapasitas daya nun mampu dilewatkannya. Hanya di masa 10 tahun semenjak ditemukan nya transistor, tapak sebuah rangkaian terintegrasi nun dikenal dengan IC ialah sebuah rangkaian terpadu nun berisi puluhan bahkan jutaan transistor di dalamnya. Yah semua itu berkat rotasi Silikon sebagai bahan pendek pembuatan Transistor dan IC atau CHIP.

resistor memiliki karakteristik yang khas, yakni daya listrik yang mampu dihantarkan dan juga resistansinya. Resistor daya ini bisa menangani lebih banyak power sebelum terbakar.
Akan tetapi jika anda tidak memiliki multimeter digital, maka salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah melihat gelang warna yang ada pada resistor yang akan anda ukur nilainya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya untuk menghitung resistor bisa dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu dengan menggunakan alat ukur dan juga menggunakan penghitungan nilai resistor berdasarkan kode warna yang dimilikinya. Sesuai dengan jenisnya yang merupakan variabel resistor nilai resistansi yang dimiliki oleh komponen elektronik ini juga bisa diatur. Pengaturan dari nilai variabel resistor ini bisa dilakukan dengan menggunakan penyapu yang bergerak di bagian atas toroid dari resistor rheostat itu.
Hal ini dikarenakan kebanyakan resistor dengan 4 gelang warna memiliki toleransi 5% dan resistor secara 5 gelang warna mempunyai toleransi 1%. Resistor Film Metal memiliki resistensi dengan lebih besar dibandingkan secara Resistor Film Karbon. Bila pada Resistor Film Karbon hanya identik dengan 4 kode warna untuk membacanya, pada Resistor Film Metal terdapat 5 dan pula 6 kode warna. Pada aplikasinya, resistor film metal biasa digunakan pada perlengkapan elektronik yang memerlukan presisi tinggi, misalnya saja multimeter ataupun alat ukur lainya. Resistor Batang KarbonResistor macam batang karbon terhitung macam resistor jadul sama sebagaimana resistor kawat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama